KEEFEKTIFAN GOOGLE CLASSROOM PADA PELAJARAN PERANCANGAN TEKNIK DAN GAMBAR MANUFAKTUR FABRIKASI LOGAM PADA MASA COVID-19

Muhammad Aldika Nur Alamsyah, Syukri Fathudin Achmad Widodo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran Perancangan Teknik dan Gambar Manufaktur Fabrikasi Logam (PTGMFL) dengan menggunakan google classroom (GR), mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi GR pada mata pelajaran PTGMFL, dan mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam penggunaan GR sebagai media pembelajaran PTGMFL. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Seyegan. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Pada penelitian ini sampel berjumlah 52 orang siswa kelas XI Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur (TFLM). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara, dan pembagian kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses kegiatan belajar dan mengajar mata pelajaran PTGMFL menggunakan pendekatan berfikir saintifik dengan metode pembelajaran diskusi dan tanya jawab. Penggunaan aplikasi GR efektif pada mata pelajaran PTGMFL dengan hasil tes untuk kelas XI TFLM 1 sebesar 65,38 dan TFLM 2 sebesar 76,92, kemudian pada kuisioner didapatkan nilai efektif sebesar 52%. Kendala yang dihadapi dalam penggunaan GR antara lain tidak memiliki smartphone, terbatasnya kuota internet, dan adanya siswa yang bekerja sampingan.

This study aims to determine the implementation of learning in the subjects of Engineering Design and Manufacturing Drawings by using google classroom, to determine the effectiveness of using the google classroom (GR) application on the subjects of Engineering Design and Manufacturing Drawings (PTGMFL), and to find out the obstacles faced by teachers and students in using GR as a media learning Engineering Design and Manufacturing Drawing. This research was conducted at SMK N 1 Seyegan. This research uses ex post facto method. In this study a sample of 52 students of class XI Metal Fabrication and Manufacturing Engineering (TFLM). Data collection techniques were carried out by means of observation, documentation, interviews, and distribution of questionnaires. The results of the study indicate that the process of learning and teaching the subjects of PTGMFL uses a scientific thinking approach with discussion and question and answer learning methods. The use of the GR application is effective in PTGMFL subjects with test results for class XI TFLM 1 of 65.38 and TFLM 2 of 76.92, then the questionnaire obtained an effective value of 52% . Constraints faced in using GR include not having a smartphone, limited internet quota, and the presence of students who work side jobs.


Keywords


Pendidikan, Google Classroom, SMK, Gambar Teknik; Education, Google Classroom, SMK, Technical Drawing

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v10i1.19121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.