PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN KENDAL (Cordia dichotoma) SEBAGAI PENGENDALI HAMA Spodoptera litura F PADA TANAMAN SAWI CAISIM (Brassica juncea (L.)).

Fentty Reviantika, IGP Suryadarma, Suhartini suhartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan preventif dan kuratif pemberian ekstrak daun kendal (Cordia dichotoma) terhadap persentase mortalitas, persentase pupa Spodoptera litura F dan tingkat kerusakan tanaman sawi caisim (Brassica juncea (L.)). Jenis Penelitian ini adalah Rancangan Penelitian Eksperimen. Penlitian ini dilakukan di green house Kebun Biologi FMIPA UNY pada Februari-April 2017. Hasil Penelitian menunjukkan pada pengamatan pertama dan ke dua pada perlakuan kuratif dan pada pengamatan ke dua dan ke tiga perlakuan preventif terdapat perbedaan yang nyata pada perlakuan ekstrak daun kendal (Cordia dichotoma) terhadap mortalitas larva Spodoptera litura F. Pada pengamatan ke dua pada perlakuan kuratif, pada pengamatan ke tiga perlakuan preventif terdapat perbedaan yang nyata pada perlakuan ekstrak daun kendal (Cordia dichotoma) terhadap persentase pupa Spodoptera litura F. Pemberian ekstrak daun kendal (Cordia dichotoma) memberikan pengaruh terhadap tingkat kerusakan tanaman sawi caisim. Ekstrak daun kendal (Cordia dichotoma) yang menunjukan dosis paling optimal sebagai pengendali hama Spodoptera litura F adalah dosis 25%.

Kata Kunci : Cordia dichotoma, Spodoptera litura F

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v6i8.7895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.