PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BIJI KLUWAK (Pangium edule Reinw.) SEBAGAI PESTISIDA NABATI PENGENDALIAN HAMA Spodoptera litura PADA TANAMAN SAWI ( Brassica juncea (L.)

Fanti Restika Fitriyanti, IGP Suryadarma, Suhartini suhartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak biji kluwak (Pangium edule) terhadap persentase mortalitas, persentase pupa Spodoptera litura dan tingkat kerusakan tanaman sawi (Brassica juncea (L.)) pada perlakuan preventif dan kuratif. Jenis Penelitian ini adalah Rancangan Penelitian Eksperimen yang terdiri atas dua perlakuan preventif dan kuratif, lima variasi dosis pestisida nabati biji kluwak (Pangium edule), yaitu 0%; 15%; 20%; 25% dan kontrol positif menggunakan pestisida sintetik. Setiap perlakuan terdiri atas lima ulangan. Hasil penelitian menunjukkan mortalitas hama Spodoptera litura tertinggi terdapat pada dosis perlakuan pestisida nabati biji kluwak (Pangium edule) 25%, yaitu 100% pada perlakuan preventif dan kuratif. Hasil penelitian jumlah larva yang menjadi pupa tertinggi pada dosis 15% pada perlakuan preventif dan kuratif. Penyemprotan pestisida nabati biji kluwak (Pangium edule) memberikan pengaruh terhadap tingkat kerusakan daun sawi. Dosis optimal ekstrak biji kluwak sebagai pengendalian hama Spodoptera litura adalah pada dosis 25%.

Kata kunci: Pangium edule, Spodoptera litura


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v6i8.7894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.