STRUKTUR KOMUNITAS COLLEMBOLA DI LINGKUNGAN RHIZOSFER Chromolaena odorata PADA LAHAN VULKANIK, PANTAI BERPASIR, DAN KARST

Kurnia Cahyani, Tien Aminatun, Nugroho Susetya Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas Collembola di lingkungan rhizosfer Chromolaena odorata pada lahan vulkanik, pantai berpasir dan karst dengan melihat jenis, keanekaragaman, kemerataan dan kelimpahan relatif pada masing-masing lahan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan objek penelitian Collembola pada lingkungan rhizosfer Chromolaena odorata dengan metode penelitian observasi. Sampel Collembola diambil dengan metode pencuplikan contoh tanah. Pemisahan Collembola dari tanah dilakukan menggunakan corong Berlese yang dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Collembola yang ditemukan di lingkungan rhizosfer Chromolaena odorata pada lahan vulkanik, pantai berpasir, dan karst terdiri dari 3 ordo, 6 famili, dan 14 genus, di antaranya Xenylla, Anura, Pseudachorutes, Gnatholonche, Blasconura, Isotomiella, Acrocyrtus, Lepidocyrtus, Pseudosinella, Entomobrya, Callyntrura, Salina, Cyphoderopsis, dan Sphyrotheca. Nilai indeks keanekaragaman tertinggi terdapat pada lahan pantai berpasir. Nilai keanekaragaman terendah terdapat pada lahan karst. Indeks kemerataan berbanding lurus dengan indeks keanekaragaman. Pada lahan pantai berpasir dan vulkanik, Salina memiliki nilai kelimpahan relatif tertinggi, sementara pada lahan karst yang memiliki nilai kelimpahan relatif tertinggi adalah Lepidocyrtus.

 

Kata kunci: Collembola, Chromolaena odorata, Rhizosfer


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v6i8.7890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.