PENGARUH POLA TANAM PADI (Oryza sativa L ) KULTIVAR CIHERANG TERHADAP KEANEKARAGAMAN JENIS HAMA DI KELOMPOK TANI SEDYO MAJU DESA JOGOTIRTO.

Triyono Triyono, Suhartini Suhartini, Triatmanto Triatmanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola tanam terhadap keanekaragaman jenis hama  dan predator pada padi (Oryza sativa L) kultivar Ciherang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pola penelitian Rancangan Acak Lengkap (RAL). Tempat pelaksanaan di Kelompok Tani Sedyo Maju Desa Jogotirto, Sleman, Yogyakarta pada bulan April-Juli 2016. Terdapat tiga jarak tanam (Transplanter, PTT, dan Tegel) dan dua sistem pengairan (AWD dan PTT). Pengambilan data dilakukan  dengan menggunakan dua metode yaitu penggunakan insect net dan perangkap feromon. Data dianalisis menggunakan One Way Anova dan dihitung keanekaragamannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang nyata antara berbagai pola tanam dan sistem pengairan terhadap keanekaragaman jenis hama dan predator. Kanekaragaman hama predator berkisar antara 1.83-2.11. Untuk keanekaragaman hama berkisar antara 1.3-1.41 serta predator 1.36-1.45 yang semua masuk kategori sedang.

 

Kata Kunci : Pola tanam, keanekaragaman, hama, predator

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v6i7.7861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.