PENGARUH POLA TANAM PADI (Oryzasativa . L) KULTIVAR INPARI SIDENUK TERHADAP KEANEKARAGAMAN JENIS HAMA DI KELOMPOK TANI MANUNGGAL PATRAN DESA MADUREJO

Ita Ermala Lestari, Suhartini Suhartini, Triatmanto Triatmanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai pola tanam dan sistem pengairan terhadap keanekaragaman hama dan predator pada tanaman padi “Inpari Sidenuk”di Kelompok Tani Manunggal Patran Desa Madurejo, Prambanan. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan tiga macam perlakuan (PTT, Transplanter dan Cara Petani) dan dua sistem pengairan (AWD dan PTT). Pengambilan sampel menggunakan jaring insect net dan perangkap feromon. Hasil penelitian diperoleh tidak ada pengaruh nyata pola tanam dan sistem pengairan terhadap keanekaragaman hama dan predator pada tanaman padi “Inpari Sidenuk”. Keanekaragaman jenis hama terdapat 5 famili terdiri dari 7 spesies : Locusta sp, Oxya sp, Leptocorisa acuta, Neppotettix virensens, Cnapalocrosis medinalis, Scirpophaga incertulas, dan Nezara viridula. keanekaragaman jenis predator terdapat 7 famili terdiri dari 9 spesies predator : Conocepalus sp, Aranneus inustus ,Argiope sp, Tetragnata javana, Chilomenes sexmaculatus ,  Chilicoris sp, Paedarus sp, dan  Agriocnemis sp. Semua keanekaragaman hama dan predator termasuk kategori sedang.

 

Kata kunci: pola tanam, hama, predator, keanekaragaman


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v6i7.7860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.