PENINGKATAN PERTUMBUHAN PSEUDOBULB ANGGREK (Dendrobium antennatum) DENGAN PENAMBAHAN KONSENTRASI FOSFOR PADA MEDIUM KULTUR IN VITRO

Baiq Ika Lestarai, Ixora Sartika Mercuriani, Lili Sugiyarto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi fosfor pada medium kultur in vitro terhadap pertumbuhan pseudobulb pada anggrek Dendrobium antennatum (D. Antennatum). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan 3 perlakuan konsentrasi fosfor (P) yaitu 1x, 1.5x, dan 2x konsentrasi P  (KH2PO4) dalam medium (New Phalaenopsis) NP. Anggrek D. antennatum yang digunakan berumur 10 bulan setelah panaburan biji dan sudah memiliki dua daun. Penelitian dilakukan selama 10 minggu dengan parameter yang diukur meliputi: tinggi tanaman, diameter pseudobulb, jumlah pseudobulb, jumlah akar, panjang akar, jumlah daun dan panjang daun. Penambahan 2x konsentrasi P dalam medium kultur in vitro terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan pseudobulb yaitu tinggi tanaman 1,2 cm dan diameter pseudobulb 0,28 cm. Analisis One Way Anova (p < 0,1) menunjukkan bahwa penambahan konsentrasi fosfor pada medium NP dapat meningkatkan pertumbuhan pseudobulb. Hasil uji DMRT menunjukkan konsentrasi P tertinggi (2x konsentrasi P pada medium NP) merupakan konsentrasi optimum yang mampu mempercepat pertumbuhan pseudobulb.

 

Kata kunci: fosfor, pseudobulb, Dendrobium antennatum,kultur in vitro


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v6i6.7826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.