HUBUNGAN KECUKUPAN GIZI MAKAN PAGI DENGAN INDEKS KEBUGARAN ANAK SD

Salma Nadiyah, Tutiek Rahayu, Yuliati Yuliati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  kualitas gizi makan pagi, menghitung jumlah kalori rata-rata makan pagi, mengetahui nilai indeks kebugaran anak, dan mengetahui pola hubungan antara kualitas gizi makan pagi dengan indeks kebugaran  anak SD IT Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah anak kelas III SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta berjumlah 33 anak.

Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dengan desain studi cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini meliputi angket food record Depkes, Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI), dan angket jumlah aktifitas olahraga.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : kualitas gizi makan pagi anak sekolah SD usia 7-9 tahun yang terdiri dari zat makronutrien dan zat mikronutrien mengacu standar Kementerian Kesehatan RI tahun 2013, paling banyak adalah kategori kurang dan paling sedikit adalah kategori sesuai, jumlah kalori rata-rata makan pagi anak sekolah usia 7-9 tahun paling banyak pada kategori kurang dan paling sedikit pada kategori lebih, indeks kebugaran pada anak SD usia 7-9 tahun paling banyak adalah kategori sedang dan paling sedikit adalah kategori kurang sekali, dan tidak ada hubungan signifikan secara statistik antara kecukupan gizi makan pagi dengan indeks kebugaran pada anak SD usia 7-9 tahun.

Kata kunci : Kecukupan gizi makan pagi, indeks kebugaran, anak SD


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v6i5.7793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.