HUBUNGAN KECUKUPAN GIZI MAKAN PAGI DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Siska Lipdyaningsih, yuliati Yuliati, Tutiek Rahayu

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas gizi makan pagi, tingkat konsentrasi belajar, serta hubungan keduanya pada anak sekolah dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas III (usia 7-9 tahun) SD IT Luqman Al-Hakim sejumlah 35 anak.

Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dengan desain studi cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini meliputi angket food record dan tes Bourdon Wiersma.

Hasil penelitian menunjukkan jumlah kalori rata-rata makan pagi anak sebesar 383,6 kkal (belum memenuhi standar). Kualitas gizi makan pagi anak menunjukkan kecukupan vitamin B6 yang sesuai standar, sedangkan zat gizi lain tidak sesuai. Tingkat konsentrasi belajar pada anak yaitu pada kecepatan tergolong kurang (21,7), ketelitian tergolong ragu-ragu (13,1) dan konstansi tergolong ragu-ragu (10,2). Berdasarkan uji korelasi Spearman, tidak ada hubungan signifikan antara kecukupan gizi makan pagi dengan tingkat konsentrasi belajar pada anak sekolah dasar di SD IT Luqman Al-Hakim.

Kata kunci: kecukupan gizi, makan pagi, tingkat konsentrasi belajar, anak sekolah dasar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v6i5.7787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.