PENGARUH KOMBINASI MEDIA SERBUK GERGAJI BATANG POHON KELAPA (Cocos nucifera, L.) DAN RUMPUT MANILA (Zoysia matrella) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KOKON CACING TANAH (Eudrilus eugeniae)

Lutfi Apriliani, Suhandoyo Suhandoyo, Tri Harjana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi media serbuk gergaji batang pohon kelapa dan rumput manila terhadap pertumbuhan dan produksi kokon cacing tanah (Eudrilus eugeniae). Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Objek penelitian adalah cacing tanah (Eudrilus eugeniae) yang telah memiliki klitelum kemudian dipelihara dalam 5 media yang berbeda, yaitu 100% serbuk gergaji kelapa (kontrol), 100% rumput manila, 25% serbuk gergaji batang pohon kelapa + 75% rumput manila, 50% serbuk gergaji batang pohon kelapa + 50% rumput manila, dan 75% serbuk gergaji batang pohon kelapa + 25% rumput manila. Pada setiap media dilakukan 5 ulangan. Cacing yang dimasukkan pada tiap media sebanyak 35 gram. Wadah untuk media pemeliharaan yaitu bak plastik berukuran 35 x 30 x 10 cm. Parameter dalam penelitian ini adalah pertambahan bobot massa cacing, jumlah kokon, bobot kokon, dan indeks kokon. Penelitian dilakukan selama 2 bulan dengan 2 kali pengambilan data yaitu setiap akhir bulan. Data pertambahan bobot  massa cacing, bobot kokon, dan indeks kokon dianalisis menggunakan One Way Anova. Apabila terdapat pengaruh nyata maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) dengan taraf 5% untuk membedakan antarkelompok perlakuan. Sedangkan untuk menganalisis pengaruh media terhadap jumlah kokon dilakukan Uji Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi media serbuk gergaji batang pohon kelapa dan rumput manila memberikan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap pertambahan bobot massa cacing dan jumlah kokon cacing tanah.

 

Kata kunci: Serbuk gergaji batang pohon kelapa, rumput manila, pertumbuhan, kokon, Eudrilus eugeniae


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v6i2.6128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.