PENGARUH VARIASI JENIS PUPUK TERHADAP KEANEKARAGAMAN DAN DINAMIKA POPULASI ARTROPODA PERMUKAAN TANAH (EPIFAUNA) PADA LAHAN PERTANIAN TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum)

yoyon arifta, Tien Aminatun, Nugroho Susetya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi jenis pupuk terhadap keanekaragaman  dan dinamika populasi Artropoda permukaan tanah (epifauna) pada lahan pertanian tanaman tomat (Lycopersicum esculentum). Pengambilan data menggunakan metode pitfall trap selama 5 kali pengamatan. Artropoda yang tertangkap diidentifikasi hingga tingkat genus. Data yang dihitung dengan indeks keanekaragaman, indeks similaritas, dan pertumbuhan populasinya. Data dianalisis dengan uji One Way Annova dan uji regresi linier untuk faktor edafik. Hasil menunjukkan komposisi jenis Artropoda terdiri dari 23 genus dan 18 famili. Artropoda yang mendominasi adalah Plagiolepis (Formicidae)  dan Entomobrya (Collembola). Nilai Indeks Keanekaragaman Shanoon-wiener tertinggi adalah pupuk kandang (PK) yaitu 1,47 sedangkan secara keseluruhan  termasuk kategori sedang. Analisis regresi linier menunjukan faktor edafik tidak berpengaruh nyata. Dinamika populasi dipengaruhi oleh mekanisme bottom up, mekanisme top down, dan kesamaan jenis. Hasil uji One Way Anova menunjukkan bahwa dari jenis pupuk yang diberikan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keanekaragaman dan Dinamika populasi Artropoda tanah (epifauna).

 

Kata kunci: Artropoda, dinamika, epifauna, keanekaragaman,populasi, pupuk


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v5i8.6039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.