EKSPLORASI MIKORIZA VESIKULAR ARBUSKULAR (MVA) PADA RIZOSFER GULMA SIAM (Chromolaena odorata) (L.) R.M. KING AND H. ROBINSON

Nrangwesthi Widyaningrum, Anna Rakhmawati, Tien Aminatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis Mikoriza Vesikular Arbuskular (MVA), MVA apa yang mendominasi, dan ada tidaknya perbedaan komposisi jenis MVA pada rizosfer gulma siam pada tiga lahan berbeda (karst, pantai berpasir, vulkanis). Jenis penelitian ini adalah eksploratif dengan objek penelitian berupa MVA pada rizosfer gulma siam (Chromolaena odorata) dengan metode penelitian observasi. Pengambilan sampel tanah dilakukan secara purposive sampling, sebanyak 5 titik pada tiap lokasi pengambilan sampel. Isolasi spora menggunakan metode ekstraksi (Daniel & Skipper, 1982), pewarnaan akar tanaman menggunakan metode Clearing and Staining (Kormanik & Graw, 1982). Hasil penelitian menunjukkan jenis spora MVA yang berhasil diisolasi dan diidentifikasi dari rizosfer gulma siam di ketiga lokasi pengambilan sampel terdapat 2 genus yaitu Glomus (7 jenis) dan Gigaspora (5 jenis). Mikoriza Vesikular Arbuskular (MVA) paling mendominasi lingkungan rizosfer gulma siam pada pengambilan 3 lokasi berbeda adalah Glomus. Perbedaan sifat fisik dan kimia tanah pada ketiga lahan tersebut menyebabkan perbedaan komposisi genus MVA. Ditemukan sebanyak 6 spesies MVA pada lahan karst, 4 spesies dari genus Glomus dan 2 spesies dari genus Gigaspora. Lahan pantai berpasir ditemukan sebanyak 10 spesies MVA, 5 dari genus Glomus dan 5 dari genus Gigaspora. Lahan vulkanis ditemukan sebanyak 10 spesies MVA, 6 dari genus Glomus dan 4 dari genus Gigaspora.

 

Kata kunci: Chromolaena odorata, Gigaspora, Glomus, Mikoriza Vesikular Arbuskular (MVA)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v5i8.6035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.