AKTIVITAS ANTIBAKTERI BERBAGAI POLIMER ANTIMIKROBA TERHADAP BAKTERI YANG DIISOLASI DARI PERMUKAAN LENSA KONTAK SECARA IN VITRO

Nur Fathurahman Ridwan, Anna Rakhmawati, Bidhari Pidhatika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai daya hambat, potensi relatif dan nilai kadar hambat minimum dari polimer Poli L-Lisin (PLL), Peptida Antimikroba (PAM), Poli L-Lisin-graft- Poli Etilen Glikol (PLL-g-PEG), dan Poli L-Lisin-graft-Poli 2-Metil-2-Oxazolin (PLL-g-PMOXA) terhadap bakteri yang telah diisolasi dari lensa kontak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen rancangan acak lengkap (RAL) 2 faktor dengan 5 ulangan. bakteri yang diujikan adalah Staphylococcus sp., Neisseria sp., Aeromonas sp, dan Enterobacter sp. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan PLL dan AMP kadar lebih rendah (50 ppm-250 ppm) dibandingkan dengan PLL-g-PEG dan PLL-g-PMOXA (250 ppm-500 ppm) pada berbagai bakteri yang diujikan. PLL dan AMP memiliki potensi relatif yang lebih tinggi dibandingkan dengan PLL-g-PEG dan PLL-g-PMOXA jika dibandingkan dengan kloramfenikol. Terdapat kebocoran sel pada membran plasma dari sel bakteri yang diujikan dari perlakuan polimer PLL, AMP dan PLL-g-PEG, PLL-g-PMOXA sedangkan kerusakan dinding sel dari nilai N-Ag memiliki perbedaan hasil perlakuan PLL dan AMP cenderung menyebabkan kerusakan dinding sel namun polimer PLL-g-PEG dan PLL-g-PMOXA cenderung tidak menyebabkan kerusakan peptidoglikan.

Kata kunci: Antibakteri, AMP, daya hambat, Lensa Kontak.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v5i7.6031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.