PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI AMONIASI DAN FERMENTASI (AMOFER) TERHADAP PERUBAHAN FISIK DAN NUTRIEN DAUN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis)

Mifta Hasdarini, Heru Nurcahyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses amoniasi dan fermentasi (amofer) terhadap kualitas organoleptik dan kualitas nutrien daun kelapa sawit sebagai pakan ternak ruminansia. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial dengan 2 faktor, yakni lama waktu pemeraman dan konsentrasi urea. Terdapat 2 taraf dosis urea yang digunakan yakni 4% dan 6% dengan mempertimbangkan kebutuhan urea pada pakan dan lama waktu yang digunakan masing-masing 3 minggu, 4 minggu, dan 5 minggu secara berurutan. Parameter yang diamati adalah kualitas organoleptik yaitu (tekstur, warna, aroma, dan keberadaan jamur) dan kualitas nutrien (protein kasar, serat kasar, lemak kasar, abu). Data dianalisis dengan analisis ragam untuk mengetahui pengaruh pemberian dosis urea dan lama waktu fermentasi. Penelitian menunjukkan bahwa teknologi amofer memberikan pengaruh nyata terhadap perubahan fisik yaitu warna menjadi kecokelatan, aroma asam beraroma khas amonia, tekstur menjadi lebih lunak dan keberadaan jamur yang tidak terlalu banyak serta meningkatkan kualitas nutrien berupa kenaikan kandungan protein tercerna, lemak tercerna dan abu serta penurunan kadar serat kasar. Dapat disimpulkan bahwa proses amoniasi fermentasi dapat meningkatkan kualitas organoleptik dan kualitas nutrien daun kelapa sawit sebagai pakan ternak ruminansia. 

Kata kunci:Amoniasi, Fermentasi, EM-4, Urea, Elaeis guineensis


Full Text:

PDF

References


Chuzaemi, S, & Hartutik. 1988. Ilmu Pakan Ternak Ruminansia. Malang: Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya.

Rohaeni, E. S., A. Hamdan. 2004. Profil dan Prospek Pengembangan Usaha Tani Sapi potong di Kalimantan Selatan. Prosiding Lokakarya Nasional Sapi Potong. Yoyakarta

Rokhman. (2004). Pelepah Kelapa Sawit sebagai Pakan Dasar Sapi. Prosiding Temu Teknis. Bogor: Balai Penelitian Ternak

Sukara, E. dan E. T. Atmowidjojo. 1980. Pemanfaatan ubi kayu untuk produksi enzim amylase, optimalisasi Nutrien untuk fermentasi substrat cair dengan menggunakan kapang Rhizopus sp. Prosiding Seminar Nasional UPTEEP.

Sandi, S., E. B. Laconi., A. Sudarman., K. G. Wiryawan dan D. Mangundjaja. 2010. Kualitas Nutrien Silase Berbahan Baku Singkong yang Diberi Enzim Cairan Rumen Sapi dan Leuconostoc Mesenteroides. Media Peternakan. 33: 25-30.

Sianipar, T. P. 2009. Efek Pelepah Daun Kelapa Sawit dan Limbah Industrinya sebagai Pakan terhadap Pertumbuhan Sapi Peranakan Ongole pada Fase Pertumbuhan. Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Medan.




DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v9i1.18188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.