HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP CARA MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA SE-KABUPATEN BANJARNEGARA

Uswatun Khasanah, Karim Theresih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar kimia, (2) persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia, dan (3) tingkat pendidikan orang tua dan persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia.
Populasi terdiri dari peserta didik kelas X SMA/MA se-Kabupaten Banjarnegara. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 362 peserta didik, diambil secara acak dengan teknik proportionate stratified random sampling dan simple random sampling yang berasal dari 10 sekolah. Instrumen persepsi diuji reliabilitasnya dengan koefisien Alfa Cronbach sebesar 0.932. Data prestasi belajar kimia peserta didik berasal dari nilai Ulangan Akhir Semester satu. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, homogenitas dan linearitas. Selanjutnya dianalisis menggunakan regresi sederhana, ganda dan dummy. Analisis korelasi dilakukan untuk mengetahui kekuatan hubungan antar variabel. Berdasarkan hasil analisis regresi variabel dummy diperoleh harga R = 0,208. Harga sumbangan relatif dari prediktor X1 (tingkat pendidikan orang tua) adalah 8.86% dan X2 (persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru) ialah 91.14%. Harga sumbangan efektif dari prediktor X1 (tingkat pendidikan orang tua) = 0,381% dan X2 (persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru) = 3.919%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dan dengan prestasi belajar kimia, akan tetapi pengaruhnya kecil terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia. Penelitian juga menemukan adanya hubungan yang lemah antara tingkat pendidikan orang tua dan persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru dengan prestasi belajar kimia.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i6.4614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia