PENGEMBANGAN SSP (SUBJECT SPECIFICT PEDAGOGY) BERBASIS STREAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, RELIGION, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK SMK PADA MATERI POKOK SEL VOLTA

Indah Familiasari, Erfan Priyambodo

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia yang bertujuan untuk mengembangkan SSP (Subject Specific Pedagogy) berbasis STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, and Mathematics) pada mata pelajaran kimia di SMK kelas X semester 2 materi pokok sel volta dan untuk menentukan kualitas berdasarkan penilaian lima reviewer. Produk SSP berbasis STREAM yang dikembangkan terdiri atas 6 komponen, yaitu silabus, RPP, handout, LKPD, dan media pembelajaran (power point), dan lembar penilaian Produk awal SSP berbasis STREAM ini ditinjau oleh peer reviewer dan expert judgement. Kualitas SSP berbasis STREAM diperoleh dari penilaian dan peninjauan lebih lanjut olah 5 guru kimia SMK sebagai reviewer. Hasil penelitian ini berupa SSP berbasis STREAM) dengan materi pokok sel volta untuk SMK Bidang Teknologi dan Rekayasa kelas X semester 2 dengan kualitas secara keseluruhan adalah sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 90,80%.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i6.4596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia