PENGEMBANGAN STOP MOTION CHEMISTRY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL MATERI KOLOID UNTUK PESETA DIDIK SMA/MA

Nawang Wulandari, Susila Kristianingrum

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat dan mengembangkan Stop Motion Chemistry sebagai media pembelajaran audio visual dengan topik koloid dan menentukan kualitasnya. Kualitas Stop Motion Chemistry ditentukan berdasarkan penilaian lima guru kimia SMA/MA sebagai reviewer.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang meliputi empat tahapan: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Stop Motion Chemistry materi koloid ditinjau dan mendapatkan masukan dari dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Stop Motion Chemistry dinilai oleh lima reviewer yaitu guru kimia SMA/MA. Penilaian dilakukan menggunakan instrumen penilaian berupa angket yang meliputi 5 komponen dengan 25 kriteria.
Hasil penelitian berupa produk Stop Motion Chemistry dengan topik koloid yang dikemas dalam CD (Compact Disc) dan data kualitas produk Stop Motion Chemistry. Stop Motion Chemistry terdiri dari empat bagian yaitu: pembukaan, penggolongan materi, isi, dan penutup. Berdasarkan penilaian lima reviewer, Stop Motion Chemistry mempunyai kualitas sangat baik (SB) menurut kriteria penilaian ideal ditinjau dari komponen kelayakan materi dan kelayakan tampilan media dengan skor rata-rata berturut-turut yaitu 30,2 dan 40,2, serta mempunyai kriteria baik (B) ditinjau dari komponen kelayakan bahasa, kelayakan audio media, dan kemanfaatan dengan skor rata-rata berturut-turut yaitu 16,6; 7,6; dan 12,6.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i4.3847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia