PERBEDAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DENGAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 PUNDONG, KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Maria Palma Permatasari, Endang Dwi Siswani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan metode konvensional dan pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari motivasi dan pemahaman peserta didik. Pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Banyaknya populasi penelitian ini yaitu 77 peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pundong. Teknik sampling dilakukan dengan purpossive sampling dan diperoleh sampel penelitian ini sebanyak 50 peserta didik; 25 peserta didik di kelas eksperimen dan 25 peserta didik di kelas kontrol. Data yang diperoleh yaitu data pengetahuan awal kimia, data motivasi belajar (awal dan akhir), dan data soal tes pemahaman belajar peserta didik. Semua data diuji prasyarat hipotesis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t sama subjek, uji-t beda subjek, dan uji t test. Hasil uji-t sama subjek kelas NHT diperoleh t0= 2,91103. Hasil uji-t beda subjek t0= 3,385. Hasil uji t test diperoleh t0= 4,5.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar sebelum dan setelah pembelajaran yaitu terdapat peningkatan motivasi belajar kimia pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe NHT, ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, dan ada perbedaan yang signifikan pada pemahaman belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i4.3834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia