EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SISTEMIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK

Dwi Fatonah, Marfuatun Marfuatun

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analitis dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X semester II SMA N 1 Pengasih tahun ajaran 2015/2016 sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik dan korelasi antara kemampuan berpikir analitis dan prestasi belajar kimia peserta didik tersebut sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik.
Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 1 Pengasih yang terbagi menjadi enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji wilcoxon dan analisis korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) terdapat perbedaan kemampuan berpikir analitis dan prestasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran menggunakan pendekatan sistemik, (b) terdapat korelasi antara kemampuan berpikir analitis dan prestasi belajar kimia peserta didik sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan pendekatan sistemik dengan nilai p= 0,015.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i4.3825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia