PENGEMBANGAN “ELECTRONIC MODULE OF CHEMISTRY” MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMA/MA

Sri Sunarmiati, Regina Tutik Padmaningrum

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) menghasilkan Electronic Module of Chemistry ikatan kimia untuk peserta didik SMA/MA kelas X yang materinya sesuai dengan standar isi sebagai alternatif sumber belajar mandiri, (2) menentukan kualitas Electronic Module of Chemistry ikatan kimia yang dihasilkan berdasarkan penilaian lima guru kimia SMA/MA dilihat dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, bahasa, kegrafikaan, dan pengoperasian.
Model pengembangan yang digunakan mengadaptasi dari model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, dan peer reviewer untuk selanjutnya direvisi. Produk revisi dinilai dan diberi masukan oleh reviewer (lima guru kimia SMA/MA) menggunakan instrumen penilaian. Instrumen penilaian kualitas electronic module diadaptasi dari instrumen penilaian buku teks pelajaran kimia untuk siswa SMA/MA tahun 2014 yang diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Hasil penelitian pengembangan ini adalah Electronic Module of Chemistry materi ikatatan kimia kelas X SMA/MA yang materinya sesuai dengan standar isi sebagai alternatif sumber belajar mandiri. Berdasarkan penilaian lima guru kimia SMA/MA dilihat dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, bahasa, kegrafikaan, dan pengoperasian, Electronic Module of Chemistry mempunyai kualitas sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 88,3%.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i3.3791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia