SURVEI PEMAHAMAN DAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 OLEH GURU KIMIA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Miftahudin Nur Ihsan, I Made Sukarna

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman guru kimia SMA kelas X tentang Kurikulum 2013 dan tingkat pelaksanaan Kurikulum 2013 di Kabupaten Gunungkidul, korelasi antara pemahaman guru kimia SMA kelas X dengan pelaksanaan Kurikulum 2013 di Kabupaten Gunungkidul, dan mengetahui kendala guru kimia SMA kelas X dalam melaksanakan Kurikulum 2013.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh guru kimia SMA kelas X di Kabupaten Gunungkidul yang melaksanakan Kurikulum 2013 dan sampelnya empat guru yang diambil dengan purpossive area sampling. Data dalam penelitian diambil melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis persentase, analisis korelasi secara deskriptif, dan analisis wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tingkat pemahaman guru kimia SMA kelas X tentang Kurikulum 2013 sebesar 85,94% (sangat baik) dan rata-rata tingkat pelaksanaan Kurikulum 2013 di Kabupaten Gunungkidul sebesar 82,69% (sangat baik). Terdapat korelasi yang positif antara pemahaman guru kimia SMA kelas X dengan pelaksanaan Kurikulum 2013 di Kabupaten Gunungkidul. Kendala guru kimia SMA kelas X dalam melaksanakan Kurikulum 2013, yaitu kesulitan dalam membuat indikator yang sesuai dengan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap, kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran kontekstual, instrumen penilaian terlalu banyak, dan keterbatasan dalam melakukan penilaian sikap pada masing-masing peserta didik secara cermat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i3.3790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia