PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS STUDENT CENTERED UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI ASAM BASA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA

Iswara Wasundari Tamarul Jannah, I Made Sukarna

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan dan (2) mengetahui kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis student centered dengan materi pokok asam basa sebagai sumber belajar peserta didik kelas XI SMA/MA. Student centered merupakan model pembelajaran yang dapat membangun pengetahuan peserta didik untuk menemukan konsep suatu materi kimia.
Model pengembangan yang digunakan pada pengembangan lembar kerja siswa ini mengikuti model prosedural yang diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall. Produk awal Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis student centered dengan materi pokok asam basa ditinjau oleh satu orang dosen sebagai ahli materi dan ahli media dan tiga orang peer reviewer yang memberikan masukan dan saran untuk merevisi produk ini. Produk Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis student centered dengan materi pokok asam basa hasil revisi dinilai oleh lima orang guru kimia SMA/MA selaku reviewer. Penilaian kualitas lembar kerja siswa ini menggunakan instrumen penilaian berupa angket yang mencakup 3 aspek penilaian, yaitu (1) aspek kelayakan isi LKS, (2) aspek kebahasaan, dan (3) aspek kegrafisan.
2
Hasil penelitian pengembangan ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis student centered dengan materi pokok asam basa yang terdiri dari sembilan LKS. Lembar kerja siswa ini memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 132,80, sehingga Lembar Kerja Siswa (LKS) ini layak digunakan sebagai sumber belajar peserta kelas XI SMA/MA pada materi asam basa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i3.3789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia