PENGEMBANGAN STOP MOTION CHEMISTRY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL MATERI LAJU REAKSI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA

Isna Lailatusholihah, Susila Kristianingrum

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Stop Motion Chemistry sebagai media pembelajaran audio visual materi laju reaksi dan menentukan kualitasnya. Kualitas Stop Motion Chemistry ditentukan berdasarkan penilaian lima guru kimia SMA/MA sebagai reviewer.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang meliputi empat tahapan: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Stop Motion Chemistry materi laju reaksi ditinjau dan mendapatkan masukan dari dosen pembimbing, peer reviewer, ahli materi, dan ahli media. Stop Motion Chemistry dinilai oleh lima reviewer yaitu guru kimia SMA/MA. Penilaian dilakukan menggunakan instrumen penilaian berupa angket yang meliputi 5 komponen dengan 25 kriteria.
Hasil penelitian berupa produk Stop Motion Chemistry dengan materi pokok laju reaksi yang dikemas dalam CD (Compact Disc) dan data kualitas produk Stop Motion Chemistry. Stop Motion Chemistry terdiri atas empat bagian yaitu: pembukaan, penggolongan materi, isi, dan penutup. Berdasarkan penilaian lima reviewer, Stop Motion Chemistry mempunyai kualitas sangat baik (SB) menurut kriteria penilaian ideal ditinjau dari komponen kelayakan materi dan kelayakan tampilan media dengan skor rata-rata berturut-turut yaitu 29,4 dari skor maksimal 35 dan 40,4 dari skor maksimal 45, serta mempunyai kriteria baik (B) ditinjau dari komponen kelayakan bahasa, kelayakan audio media, dan kemanfaatan dengan skor rata-rata berturut-turut yaitu 16,2 dari skor maksimal 20; 8,4 dari skor maksimal 10; dan 12 dari skor maksimal 15.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i3.3788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia