EFEKTIVITAS CHEMISTRY DOUBLE QUIZ (CDQ) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 1 DEPOK

Efi Wijayanti, Rr.Lis Permana Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya: 1) perbedaan motivasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Chemistry Double Quiz (CDQ), 2) perbedaan peningkatan antara motivasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan CDQ dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa CDQ, 3) perbedaan antara prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan CDQ dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa CDQ apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.
Penelitian eksperimen ini menggunakan desain satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket motivasi dan soal tes prestasi belajar. Pengujian hipotesis perbedaan motivasi dan prestasi belajar dilakukan dengan uji-t dan uji Anakova satu jalur.
Hasil penelitian yaitu: 1) ada perbedaan motivasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan CDQ, 2) tidak ada perbedaan peningkatan antara motivasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran dengan CDQ dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa CDQ, 3) ada perbedaan prestasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan CDQ dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa CDQ apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i3.3785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia