PENGEMBANGAN SS-CHEM (SHORT STORY CHEMISTRY) SEBAGAI BUKU PENUNJANG KIMIA SMA/MA KELAS X SEMESTER 1

Dewi Masitoh Dewi Masitoh, Amanatie Amanatie

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah (1) menyusun produk SS-Chem (Short Story Chemistry) yang layak sebagai buku penunjang dalam pembelajaran kimia SMA/ MA kelas X semester 1, (2) mengetahui kualitas produk SS-Chem (Short Story Chemistry) sebagai buku penunjang dalam pembelajaran kimia SMA/ MA kelas X semester 1, dilihat dari kriteria penyusunan media cetak yang baik ditinjau dari aspek kebenaran konsep, kedalaman konsep, pendekatan penulisan, keluasan konsep, keterlaksanaan, kebahasaan, tampilan menyeluruh, dan anatomi cerpen.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penilaian, dan analisis data. Produk awal SS-Chem (Short Story Chemistry) ditinjau serta mendapat masukan dan sarak dari ahli materi dan peer reviewer. Produk yang direvisi kemudian dinilai oleh 5 guru kimia SMA/ MA di Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai reviewer. Kualitas produk SS-Chem (Short Story Chemistry) ditentukan oleh kualitas semua aspek penilaian dari reviewer menggunakan instrumen penilaian berupa angket dengan skala Likert.
Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk media pembelajaran kimia SMA/ MA melalui SS-Chem (Short Story Chemistry) sebagai buku penunjang kelas X semester 1. Produk ini terdiri atas 3 materi pokok yaitu struktur atom, sistem periodik unsur, dan ikatan kimia. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa buku memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 118 dari skor maksimal 140. Dengan
demikian buku ini layak sebagai buku penunjang belajar kimia secara mandiri bagi peserta didik. Review ahli bahasa/ ahli media yang relevan diperlukan untuk meningkatkan penilaian produk yang sejenis.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i3.3778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia