PERBANDINGAN PENERAPAN MEDIA CHEMORY DAN MIND MAP TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK

Andri Yuliyani, Rr.Lis Permana Sari Rr.Lis Permana Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya peningkatan motivasi belajar dan pestasi belajar kimia peserta didik dengan penerapan media Chemory dan media Mind Map,(2) aspek motivasi paling banyak yang mengalami peningkatan dengan penerapan media Chemory (3) pendapat peserta didik terhadap media Chemory.

Desain penelitian meliputi: satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester 1 SMA N 1 Pleret tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian berjumlah 57 orang yang diambil secara purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah uji t sama subjek, analisis deskriptif dan uji anakova.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada peningkatan motivasi belajar kimia peserta didik sesudah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan media Chemory dan tidak ada peningkatan motivasi belajar kimia peserta disik sesudah mengikutipembelajaran dengan menerapkan media Mind Map. Penerapan kedua media ini tidak menujukkan adanya perbedaan prestasi yang signifikan (2) aspek motivasi peserta didik yang meningkat pada penerapan media Chemory paling banyak adalah aspek kemauan, yaitu 80%(3) pendapat peserta didik paling banyak terhadap media Chemory adalah sangat baik, yaitu 48%


Full Text:

XML PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i2.3757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia