PENGEMBANGAN CHEMISTRY ELECTRONIC MODULE MATERI LARUTAN ASAM BASA KELAS XI SMA/MA

Titis Catur Wigati, Regina Tutik Padmaningrum

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan Chemistry Electronik Module materi larutan asam basa kelas XI SMA/MA sesuai dengan standar kualitas modul yang baik, dan (2) mengetahui kualitas Chemistry Electronik Module yang dihasilkan ditinjau dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, bahasa, kegrafikaan, dan pengoperasian berdasar penilaian lima guru kimia SMA/MA.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural yang bersifat deskriptif. Prosedur penelitian diadaptasi dari model pengembangan 4-D (four D) yang terdiri atas empat tahapan, yaitu define, design, develop, disseminate. Subjek validasi dalam penelitian, yaitu dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Subjek penilai, yaitu lima orang guru kimia SMA/MA. Instrumen berupa angket penilaian produk yang terdiri atas aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, bahasa, kegrafikaan dan pengoperasian.

Hasil penelitian dan pengembangan ini, yaitu (1) Chemistry Electronic Module materi larutan asam basa kelas XI SMA/MA sebagai alternatif sumber belajar mandiri peserta didik yang mengadaptasi prosedur pengembangan 4-D (four D), (2) Kualitas Chemistry Electronic Module yang dihasilkan ditinjau dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, bahasa, kegrafikaan, dan pengoperasian berdasar penilaian guru kimia SMA/MA adalah sangat baik dengan persentase keidealan 92,70%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i2.2653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia