EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SISTEMIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER II SMA N 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2015/2016

NUr Fitriyana, Marfuatun Marfuatun

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analitis dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016 sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik, dan hubungan antara kemampuan berpikir analitis dengan prestasi belajar kimia peserta didik tersebut sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik.
Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pengasih yang terbagi menjadi lima kelas. Sampel yang digunakan berjumlah dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji T dan analisis korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) terdapat perbedaan kemampuan berpikir analitis dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016 sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik, (b) kemampuan berpikir analitis berhubungan dengan peningkatan prestasi belajar kimia peserta didik tersebut sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik dengan nilai korelasi sebesar 0,484.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.