PERBANDINGAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER II SMAN 11 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN BAMBOO DANCING

Mariska Diah Kusumasari, Sunarto Sunarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya perbedaan signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match , (2) ada tidaknya perbedaan signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing, (3) ada tidaknya perbedaan signifikan pada motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan Bamboo Dancing, (4) ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan Bamboo Dancing, apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain dua faktor dua sampel dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMA N 11 Yogyakarta kelas XI IPA. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi, dokumentasi dan ulangan harian. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hasil penelitian adalah uji-t sama subjek untuk mengetahui perbedaaan motivasi kelas Make a Match dan Bamboo Dancing, uji-t beda subjek untuk mengetahui perbedaan motivasi antar kelas Make a Match dan Bamboo Dancing dan uji anakova untuk mengetahui perbedaan prestasi antar kelas Make a Match dan Bamboo Dancing apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.
Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan setelah diberi model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match , (2) ada perbedaan signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan setelah diberi model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing, (3) tidak ada perbedaan signifikan pada motivasi belajar kimia antara peserta didik yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan Bamboo Dancing, (4) ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan Bamboo Dancing.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i2.2586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia