PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE BILINGUAL "CLOSE TO RADIOACTIVITY" SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA SMA/MA

Ines Agusta P, I Made Sukarana

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah
mengembangkan website bilingual "Close to Radioactivity" untuk siswa
SMA/MA dan mengetahui kualitas media pembelajaran website bilingual "Close
to Radioactivity" berdasarkan penilaian lima guru kimia SMA sebagai reviewer.
Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural mengadaptasi
model pengembangan ADDIE, tanpa tahap implementasi. Pengembangan website
ini berfokus pada materi radioaktivitas. Produk awal ditinjau dan diberi masukan
oleh satu ahli media, satu ahli materi, tiga peer reviewer, dan selanjutnya direvisi.
Penilaian kualitas website dilakukan oleh lima orang guru kimia SMA di kota
Yogyakarta. Penilaian kualitas website dilakukan berdasarkan empat kriteria, yaitu
komponen kelayakan materi, penyajian, bahasa dan gambar, serta tampilan. Hasil
penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran website bilingual "Close
to Radioactivity" dengan alamat website www.inesagusta.com. Skor rata- rata
penilaian keseluruhan adalah Baik (B) yaitu dengan skor rata-rata 83,4 dan
dengan persentase keidealan 83,4%. Oleh karena itu website ini layak digunakan
sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa SMA/MA.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i1.2570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia