BUKU PENGAYAAN BAHAN PENYEDAP RASA DAN AROMA UNTUK PESERTA DIDIK SMK PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA

Ayu Surya Pradipta, Eddy Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) mengetahui tahap- tahap mengembangkan sumber belajar dalam bentuk buku pengayaan pengetahuan tentang bahan penyedap rasa dan pemberi aroma untuk peserta didik SMK Program Keahlian Jasa Boga Kelas X Semester 2, dan (2) menentukan kualitas buku pengayaan ditinjau dari komponen isi/ materi, penyajian, bahasa, dan grafika.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural, yang meliputi empat tahap yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Produk awal buku pengayaan diberi masukan oleh 3 peer reviewer, 1 ahli materi, dan 1 ahli media pembelajaran. Kualitas buku dinilai oleh 5 reviewer dengan mengisi angket penilaian yang berisi empat komponen, yaitu kelayakan isi/ materi, penyajian, bahasa, dan grafika.

Hasil penelitian ini berupa Buku Pengayaan Pengetahuan untuk Peserta Didik SMK Program Keahlian Jasa Boga Kelas X Semester 2 tentang Bahan Penyedap Rasa dan Aroma yang berjudul “Penyedap Rasa dan Aroma Makanan” yang mempunyai kualitas baik dengan skor rata- rata 80,7 sehingga buku pengayaan ini dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk peserta didik di SMK Program Keahlian Jasa Boga.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i1.2569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia