MEDIA PEMBELAJARAN “E-CHEM” UNTUK SMA/MA KELAS XI MATERI LARUTAN ASAM-BASA DAN SISTEM KOLOID

Astuti Astuti, Rr.Lis Permana Sari Rr.Lis Permana Sari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam bidang pembelajaran kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif “E-Chem” (Experiment Of Chemistry) untuk SMA/MA kelas XI materi larutan asam-basa dan sistem koloid dalam bentuk CD (Compact Disc) dan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran yang telah disusun berdasarkan penilaian 5 orang guru Kimia SMA/MA (reviewer).
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model prosedural. Prosedur penelitian pengembangan ini terdiri dari 3 tahap yaitu tahap I, tahap 2, dan tahap 3. Instrumen penelitian terdiri dari beberapa aspek dan kriteria tertentu. Masukan dan saran dari ahli media, ahli materi dan peer reviewer digunakan untuk validasi produk penelitian pengembangan ini. Penilaian dilakukan oleh 5 orang guru Kimia SMA/MA sebagai reviewer untuk mengetahui kualitas media pembelajaran yang telah disusun.
Produk penelitian ini berupa CD media pembelajaran interaktif “E-Chem” (Experiment Of Chemistry) untuk SMA/MA kelas XI materi larutan asam-basa. Berdasarkan penilaian 5 orang guru Kimia SMA/MA, media pembelajaran yang telah disusun mempunyai kualitas Baik (B) dengan skor rata-rata sebesar 119,8 dari skor ideal sebesar 121,8. Skor tersebut apabila dinyatakan dalam persen keidealan sebesar 82,6%, sehingga media pembelajaran “E-Chem” ini layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri peserta didik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i1.2459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia