PENGARUH MEDIA YOUTUBE (CHEMTUBE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA SMAN 1 TALUN, BLITAR

Novita Dwi Ciptarini, M. Pranjoto Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penggunaan media Youtube (ChemTube) dan tanpa penggunaan media Youtube (ChemTube) terhadap hasil belajar siswa, serta level pencapaian hasil belajar siswa kelas X MIPA SMA N 1 Talun, Blitar pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan post-test only design. Penelitian dilakukan di SMA N 1 Talun, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Sampel berjumlah 72 siswa dari kelas X MIPA yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diambil adalah data skor post-test materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes yaitu post-test yang terdiri dari 25 butir soal objektif. Pelaksanaan post-test dilakukan secara daring melalui platform google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar (kognitif) antara pembelajaran dengan menggunakan media Youtube (ChemTube) dan tanpa menggunakan media Youtube (ChemTube). Level pencapaian hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMA N 1 Talun, Blitar dalam materi larutan elektrolit dan nonelektrolit berada dalam kategori sedang dengan persentase 65,2%.

Full Text:

PDF

References


Wahyuni, S., Emda, A. & Zakiyah, H.(2018). Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA. Jurnal IPA dan Pembelajaran

Fitriyani, D., Rahmawati, Y. & Yusmaniar. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit dengan 8E Learning Cycle. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(1), 30-40. https://doi.org/10.21009/JRPK.091.04

Samosir, F. T., Pitasari, D. N., Purwaka & Tjahjono, P. E. (2018). Efektivitas Youtube sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa. Record and Library Journal, 4(2), 81-91.

Azzahra, St. F. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis

Siswa melalui Pembelajaran Eksperimen pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal EduMatSains, 4(1), 77–88.

Altowaiji, S., Haddadin, R., Campos, P., Sorn, S., Gonzalez, L., Villafane, S. M. & Groves, M. N. (2021). Measuring The Effectiveness of Online Preparation Videos and Questions in Second Semester General Chemistry Laboratory. Journal of Chemistry Education Research and Practice. https://doi.org/10.1039/d0rp00240b

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171-187.

Siregar, S. D., Khairina, N. & Robin. (2020). Pembuatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Hots untuk Tingkat SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 63-67.

Baharuddin, I. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA 1 Negeri Bajo, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 90-97.

Budiastuti, D. & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Mitra Media Wacana.

Nabilah, M., Stepanus, S. S. & Hamdani. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Momentum dan Impuls. JIPPF, 1(1), 1-7.




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v8i1.20626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia