PENGEMBANGAN FLICOZINE BERORIENTASI LITERASI KIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA

Yulinda Ristiyani, Antuni Wiyarsi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan karakteristik, menganalisis kelayakan, dan respon siswa terhadap produk FLICOZINE berorientasi literasi kimia yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu mixed method dengan desain exploratory sequential. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar kelayakan konten oleh ahli, angket kelayakan kedapatgunaan oleh reviewer, dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini berupa majalah elektronik dengan judul FLICOZINE (Flipbook Colloid Magazine. Karakteristik dari sumber belajar yang dikembangkan diantaranya memuat materi koloid dengan aspek literasi kimia dan disajikan dalam bentuk majalah flipbook. Sumber belajar tersebut dinyatakan layak oleh reviewer dengan kriteria sangat baik (SB) pada seluruh aspek meliputi kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan karakteristik produk serta berdasarkan uji respon siswa sebagai calon pengguna diperoleh tingkat kelayakan dengan kriteria baik (B) pada aspek kelayakan isi dan karakteristik produk, serta sangat baik (SB) pada aspek keterbacaan. Oleh sebab itu, sumber belajar yang disusun dinyatakan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar pengayaan materi koloid bagi siswa SMA/MA.

Full Text:

PDF

References


Eliza, W. & Yusmaita, E. (2021). Pengembangan butir soal literasi kimia pada materi sistem koloid kelas XI IPA SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan, 5(2),197-204. https://doi.org/10.24036/jep/vol 5-iss2/621

Rahayu, S. (2017). Promoting the 21st century scientific literacy skills through innovative chemistry instruction. AIP Conf. Proc. 1911, 020025-1–020025-8; https://doi.org/10.1063/1.50160 18

OECD. (2018). What 15-year- old students in Indonesia know and can do. Program. Int. Student Assess. Result from PISA 2018.

Wiyarsi, A., Projosantoso, A. K., & Nugraheni, A. R. E. (2020). Students’ chemical literacy level: A case on electrochemistry topic. Journal of Physics: Conference Series, 1440 (2020), 1-6. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1440/1/0120199.

Yustin, D. L., & Wiyarsi, A. (2019). Students’ chemical literacy: A study in chemical bonding. J. Phys.: Conf. Ser. 1397, 1-10. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1397/1/012036

Fahmina, S. S., Indriyanti, N. Y., Setyowati, W. A. E., & Yamtinah, S. (2019). Dimension of chemical literacy and its influence in chemistry learning. Journal of Physics: Conf. Series,1233, 1-8. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1233/1/012026

Tarawi, O., Noer, A. M., & Linda, R. (2020). The development of acid-base e- chemistry magazine as interactive teaching materials. Journal of Physics, 1440(2020), 1-8. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1440/1/012012

Sari S., Prihastuti, I., Irwansyah, F. S., & Farida, I. (2019). Scientific learning on the concept of colloid using literacy-based chemistry magazines. Jpurnal of Physiscs: Conf. Ser. 1175 01201, 1-6. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1175/1/01207

Mandal, S., Chakrabarti, A., & Maji, S. (2017). Integration of pdf flip book reader in koha opac for easy access and dissemination of fulltext library resources among the users. Journal of Library & Information Science, 7(4), 620- 625.

Astuti, S., Maulina, J., & Harahap, D. N. (2021). Kelayakan modul elektronik berbasis literasi sains dengan topik pembuatan edible film pulp kakao sebagai kajian koloid. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(2), 1968- 1975.

Creswell, J. W., & Plano Clark. V. L. (2007). Designing and conducting mixed methods research. Sage Publications Ltd.

Shwartz, Y., Ben-Zvi, R. &Hofstein, A. (2006). Chemistry The use of scientific literacy taxonomy for assessing the development of chemical literacy among high-school students. Chemistry Education Research and Practice, 7(4).203-225. https://doi.org/10.1039/B6RP90 011A

Ulumudin, I., Mahdiansyah, & Joko, B. S. (2017). Buku teks dan pengayaan: Kelengkapan dan kelayakan buku teks kurikulum 2013 serta kebijakan penumbuhan minat baca siswa. Puslitjakdikbud.




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v8i1.20624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia