PENGEMBANGAN MEDIA FILTER INSTAGRAM BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA TEORI DOMAIN ELEKTRON (VSEPR) DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

M. Hanif Qodri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan media filter instagram berbasis augmented reality pada teori domain elektron (VSEPR) oleh guru, mengetahui keterbacaan media filter instagram berbasis augmented reality oleh siswa, dan mengetahui respon siswa terhadap pengaruh penggunaan media pada minat belajar kimia. Pengembangan media filter instagram berbasis augmented reality  dengan menggunakan model 4-D, meliputi tahap pendefinisain, perancangan, pengembangan, penyebaran. Produk awal penelitian ditinjau oleh ahli materi dan  ahli media. Produk yang telah ditinjau berdasarkan masukan ahli, produk diuji kepraktisan oleh lima orang guru dan tiga teman sejawat, serta diuji keterbacaan oleh dua puluh siswa dari SMA Negeri di Kecamatan Bengkong, Batam. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kepraktisan media oleh guru 143 dari skor maksimal 160 dengan persentase keidealan 89,875%  dengan kategori sangat baik dan skor rata-rata  keterbacaan media oleh siswa 101 dari skor maksimal 115 dengan persentase keidealan 87,826% dengan kategori sangat baik. Media dapat menarik minat siswa, mempermudah siswa dalam memvisualisasikan dan mempelajari materi bentuk molekul.

Full Text:

PDF

References


Abdunejad, M. (2020). Persepsi siswa menggunakan teknologi augmented reality dan 3D visualization dalam pendidikan kimia. Pendidikan Sains dan Teknologi, 1-6.

Altunel, Y. (2021). Pengembangan game di unity. Teknologi Pendidikan Turki, 39-42.

Apep, K. (2013, September 16). Simple note about technology, healthy, education, and life. retrieved juni 22, 2021, from media pembelajaran: http://aldin.staf.upi.edu/ 2013/09/16 /media-pembelajaran/

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Azhar, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azuma, R. (1997). Survei augmented reality. Teleoperators, 355-385.

Borg, & Gall. (1989). Education research. New York & London: Longman Inc.

Brett, J., & Simons, A. (2017). Implementasi unity engine untuk mengembangkan game seluler. Konferensi Internasional Teknologi, 271-278.

Daryanto. (2010). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2003). Media pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Eko, P. W. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Eriksen, K., Nielsen, B. E., & Pittelkow, M. (2020). Memvisualisasikan struktur molekuler 3d menggunakan aplikasi augmented reality. Pendidikan Kimia, 1-12.

Falahudin. (2014). Pemanfaatan media pembelajaran. Lingkar Widyaiswara, 114.

Gorbala, B., & Hariadi, M. (2010). Aplikasi augmented reality untuk katalog penjualan rumah. Surabaya: ITS.

Hanief, S., & Masurya, I. N. (2014). Augmented reality book pengenalan busana pernikahan adat bali berbasis multimedia. Sistem dan Informatika, 51-61.

Hasibuan, A. (2020). pengembangan kit pembelajaran dari limbah sekam padi pada materi bentuk molekul. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 6.

Horne, H. (1998). Idealistik dalam filosofi pendidikan. Chicago: Universitas Chicago Press.

Hsieh, B. (2017). Membuat dan kehilangan koneksi: menjelajahi twitter sebagai alat pembelajaran di pralayanan kursus pendidikan guru. Issue Kontenporer Tecnologi an Teacher Education, 549-568.

Keenan. (1986). Kimia dasar prinsip dan terapan modern. Jakarta: Erlangga.

Kuswanto, J. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran desain grafis kelas X. Ilmiah Edutic/vol.6, No.2, 78-83.

Latief, A. (2009). Penelitian pengembangan. Makassar: UNM Press.

Linux. (2008, Januari). Academia. Retrieved Juni 23, 2021, from Android: www.linuxforu.com

Mardani, R. (2021, Februari). Install M Jurnal. Retrieved Juni 23, 2021, from 18 Versi Android Dari Awal Sampai Sekarang: https://mjurnal.com/insight/urutan-versi-android/

Mulyasa, E. (2008). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar, H. (2003). Media pendidikan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

PTC. (2019). Vuforia. Retrieved 06 20, 2021, from Mesin Vuforia: https://developer.vuforia.com/

Putri, A. (2011). Psikologi perkembangan. Surakarta: PGSD UMS.

Putri, J. K. (2022). Instagram sebagai media pembelajaran bahasa indonesia dan sastra. kementrian pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Rabiah, S. (2015). R&D pada Sekolah Dasar di Kota Makassar. Makassar: Universitas Muslim Indonesia Press.

Rasyid, M., Aziz, A. A., & Saleh, R. A. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia dalam konsep sistem indera pada siswa kelas XI SMA. Pendidikan Biologi, 70.

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian pengembangan ADDIE & R2D2. Pasuruan: Lembaga Academic & Reasearch Institute.

Rini, Y. S. (2013). Pendidikan : hakekat, tujuan dan proses. Yogyakarta: FBS UNY.

Rohani. (2019). Media pembelajaran. Medan: UIN Sumatera Urara Press.

Sadirman, A. (2008). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanaky, H. (2009). Media pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insana Press.

Starner, T., Mann, & Rhodes, B. (1997). Augmented Reality Melalui Komputasi. Virtual lingkungan, 386-398.

Subagia, I. (2014). Paradigma baru pembelajaran kimia SMA. Seminar Nasional FMIPA UNDHIKSHA, 152-162.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sujadi. (2013). Eksperimen pembelajaran teams games tournament dan numbered heads together. FKIP UNS, 682-689.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Komunikasi Pendidikan, 2.

Utomo, M. P. (2008). Tinjauan bentuk molekul berdasarkan domain elektron pada teori VSEPR. Pengabdian Masyarakat, 1-10.

Wu. (2013). Peluang dan tantangan augmented reality dalam pendidikan. Komputer Pendidikan, 41-49.

Wuttisela, K. (2017). Alat asesmen otentik untuk pengukuran pemahaman siswa tentang elektron kulit teori tolakan pasangan. Universal Penelitian Pendidikan, 1549-1553.

Zahra, S. (2016). Pengaruh animasi 3d visual dalam pendidikan jurusan ilmu komputer. Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 1-9.




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v8i1.20623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia