Penerapan Model Pembelajaran POGIL pada Konsep Asam Basa terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa

Razita Fanadrarul Amiza, Heru Pratomo Aloysius

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap kemampuan berpikir analitis siswa serta menganalisis perubahan kemampuan berpikir analitis kimia siswa sebelum dan setelah penerapan model POGIL pada materi konsep asam basa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest dan post-test. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik cluster random sampling dan melibatkankan dua kelas penelitian. Data dianalisis dengan uji Mann-Whitney untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran POGIL terhadap kemampuan berpikir analitis siswa, sedangkan Uji Wilcoxon Signed Rank digunakan untuk menganalisis perubahan kemampuan berpikir analitis siswa pada sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis siswa yang dibelajarkan dengan model POGIL. Analisis data juga menunjukkan adanya perbedaan keterampilan berpikir analitis yang signifikan pada siswa sebelum dan setelah pembelajaran. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran POGIL dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa SMA pada materi konsep asam basa.


Full Text:

PDF

References


Alghamdi, A. K., & Alanazi, F. H. (2020). Process-Oriented Guided-Inquiry Learning in Saudi Secondary School Chemistry Instruction. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(2), 1-16. doi:10.29333/ejmste/9278

Anggraeni, C., Permanasari, A., & Heliawati, L. (2022). Students' Scientific Literacy in Chemistry Learning through Collaborative Techniques as a Pillar of 21st-Century Skills. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 457-462.

Ardhana, I. A. (2020). Pengaruh process-oriented guided-inquiry learning (POGIL) terhadap kemampuan problem solving siswa. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 8(1), 337-352.

Azizah, I., Mulyani, S., & Khoerunnisa, F. (2017). Development of POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Strategy based on Intertextual Learning of Acid-Base Concepts. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 57, 93-97.

Bransford, J. D., Bown, A. L., Cocking, R. R., Donovan, M. S., Bransford, J. D., & Pellegrino, J. W. (2000). How People Learn. Washington, DC: National Academy Press.

Elliott, S. N., Kratochwill, T. R., Littlefield Cook, J., & Travers, J. (2000). Educational psychology. Boston: McGraw-Hill College.

Embisa, A. A., Subandi, & Fajaroh, F. (2019). Misconception of High School Students on Acid-Base Topics and Effectiveness of Argument-Driven Inquiry Learning Model as an Effort to Improve Misconception. Jurnal Pendidikan Sains, 7(3), 103–11.

Farisi, M. I. (2016). Developing 21st-century social studies skills through technology integration. Turkish Online Journal of Distance Education, 17(1), 16-30. doi:10.17718/tojde.47374

Fitriyana, N., Marfuatun, & Priyambodo, E. (2019). The profile of student’s analytical thinking skills on chemistry systemic learning approach. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 8(2), 207-219. doi:dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v8i2.5272

Hanson, D. M. (2013). Instructor’s Guide to Process Oriented Guided Inquiry Learning. Hampton: Pacific Crest.

Khodijah. (2006). Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Patah Press.

Lathifa, U., Ibnu, S., & Budiasih, E. (2015). Identifikasi kesalahan konsep asam-basa dengan menggunakan teknik certainty of response index (CRI) termodifikasi. Seminar Nasional Pendidikan Sains UKSW, 242-249.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

OECD. (2018). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework: Mathematics,. Reading, Science, Problem Solving, and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

Prastiwi, M. N., & Laksono, E. W. (2018). The ability of analytical thinking and chemistry literacy in high school students learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series. doi:10.1088/1742-6596/1097/1/012061

Purwantoa, W. R., Sukestiyarno, Y., & Junaedi, I. (2019). Proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari prespektif gender. Prosiding Seminar NasionalPascasarjana UNNES, 2(1), 894-900.

Putri, A. S., & Aznam, N. (2019). The effectiveness of science learning media using focus software on junior high school students' higher order thinking skills. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 8(1), 12-22. doi:10.24235/sc.educatia.v8i1.3886

Resnick, L. B. (1987). Education and learning to think. Washington DC: National Academy Press.

Sartika, S. B. (2017). Teaching Models to Increase Students' Analytical Thinking Skills. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR). 125, pp. 216-218. Sidoarjo: Atlantis Press.

Sona, E. Y., Dasna, I. W., & Susilo, H. (2016). Pemberdayaan Keterampilan Proses Sains Melalui POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning). Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 1, 899-911.

Sugiarti, & Bija, S. (2012). Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI A SMA Negeri 3 Watansoppeng. Jurnal Chemical UNM, 2(13), 77-83.

Syafaati, D. A., & Nasrudin, H. (2018). Implementasi model pembelajaran POGIL untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa kelas XI SMAN 18 Surabaya. Unesa Journal of Chemistry Education, 7(3), 250-256.




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v9i1.19529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia