Pengembangan Infografis Keselamatan Kerja di Laboratorium sebagai Media Pembelajaran Kimia Tingkat SMA untuk Mendukung Literasi Informasi Kimia

Wisnu Wardhana, Sukisman Purtadi

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menentukan kebutuhan guru, laboran dan peserta didik terhadap media infografis keselamatan laboratorium, serta menentukan karakteristik dan kelayakan media hasil pengembangan. Penelitian ini menerapkan Design Based Research (DBR) yang terdiri dari tahap (1) identifikasi masalah; (2) pengembangan desain; (3) siklus berulang; (4) refleksi. Analisis kebutuhan dilakukan pada 20 peserta didik, 5 laboran, dan 5 guru SMA di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. Konten produk divalidasi oleh dosen jurusan kimia serta diujikan ke 10 reviewer dan 5 peer reviewer. Uji keterbacaan dilakukan terhadap 20 peserta didik SMA di Kabupaten Bantul. Hasil pengembangan diperoleh infografis yang memuat tentang keselamatan kerja di laboratorium dengan lima topik bahasan, yaitu aturan laboratorium kimia, kebakaran, bahan berbahaya dan beracun (B3), limbah B3, dan penanganan luka bakar. Karakteristik infografis tersebut diantaranya: 1) dibuat dengan jenis flat design; 2) mempunyai barcode untuk memuat materi lengkap; 3) disertai statistik dan persentase; 4) materi infografis berisi fakta, mitos, perbandingan, dan solusi alternatif. Kualitas infografis setelah direview tergolong kategori Sangat Baik (SB) dengan rerata skor 68,1 dan respon peserta didik tergolong kategori Sangat Baik (SB) dengan rerata skor 52,8.


Full Text:

PDF

References


Bicen, H., & Beheshti, M. (2017, December). The psychological impact of infographics in education. Broad Research in Artificial Intelligence and Neuroscience, 8(4), 99-108.

Damyanov, I., & Tsankov, N. (2018). The role of infographics for the development of skills for cognitive modeling in education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(1), 82-92.

Dewi, A. C., Pramono, E., & Abidin, Z. (2021). Pengembangan infografis melalui instagram sebagai penguatan pemahaman pokok bahasan sistem pencernaan manusia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 119-232.

Fadzil, H. M. (2018, January). Designing infographics for the educational technology course: perspectives of preservice science teachers. Journal of Baltic Science Education, 17(1), 8-18.

Ginting, E. S. (2020). Penguatan Literasi di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III (pp. 35-38). Medan: Universitas Negeri Medan.

Hart, G. (2013). Effective Infographics: Telling Stories in the Technical Communication Context. Retrieved from https://techwhirl.com/: https://techwhirl.com/effective- infographics-telling-stories-in-the-technical-communication-context/

Mastel. (2019). Mastel Living Enabler. Retrieved from www.mastel.id: https://mastel.id/hasil-survey-wabah-hoax-nasional-2019/

Redjeki, S. (2016). Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jakarta Selatan: Pusdik SDM Kesehatan.

Saputra, P. B. (3 September 2020). Radar Solo. Retrieved from Jawa Pos: https://radarsolo.jawapos.com/daerah/solo/03/09/2020/2-kali-ledakan-di-laboratorium-kimia-sma-muh-1-solo-1-petugas-terluka/

Subarjo, A. H. (2017). Perkembangan teknologi informasi dan pentingnya literasi informasi untuk mendukung ketahanan nasional. Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, 9(2), 1-8.

Yang, Y., Reniers, G., Chen, G., & Goerlandt, F. (2019). A Bibliometric Review of Laboratory Safety in Universities. Safety Science, 120, 14-24.




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v9i1.19029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia