PENGEMBANGAN CHEMISTRY POP UP MATERI BAHAN NON PANGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI ANAK TUNARUNGU

Diah Utami, Susila Kristianingrum

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis buku Pop Up materi bahan
non pangan sebagai sumber belajar mandiri untuk anak tunarungu di SLB dan mengetahui kualitas media
pembelajaran bagi anak tunarungu yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian pengembangan ini
menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan,
tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Hasil penelitian pengembangan ini berupa Chemistry Pop Up Book materi
bahan non pangan sebagai media pembelajaran mandiri untuk anak tunarungu. Berdasarkan penilaian reviewer,
media pembelajaran Chemistry Pop Up Book termasuk dalam kategori sangat baik (SB) pada setiap aspek. Aspek
materi memperoleh skor rata-rata 27,4 dan persentase keidealan sebesar 91,33%, pada aspek penyajian memperoleh
skor rata-rata 74,4 dengan persentase keidealan sebesar 93%, serta aspek bahasa dan gambar memperoleh skor ratarata
54,4 dengan persentase keidealan sebesar 90,67%.
Kata kunci: Chemistry Pop Up Book, bahan non pangan, ADDIE, media pembelajaran mandiri, anak tunarungu

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v7i5.13383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia