PENGEMBANGAN WEBTOON KIMIA UNTUK PEMBELAJARAN MATERI KIMIA MAKROMOLEKUL SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI SISWA

Ulliyah Sumanjaya, Regina Tutik Padmaningrum

Abstract


Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan menentukan
kualitas webtoon kimia pada materi kimia makromolekul kelas XII SMA/MA. Prosedur pengembangan webtoon
kimia menggunakan modifikasi model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penilaian
produk secara deskriptif dengan menggunakan instrumen penilaian yang berupa angket yang terdiri dari 9 aspek
yaitu aspek pendekatan penulisan, kebenaran konsep, kedalaman konsep, keluasan konsep, keterlaksanaan dan
kemudahan akses, kebahasaan, anatomi webtoon, mutu gambar, dan tampilan menyeluruh. Data yang diperoleh
berupa data proses pengembangan webtoon dan data kualitas media pembelajaran webtoon kimia. Data proses
ditabulasi dan digunakan sebagai dasar mengembangkan dan merevisi produk. Data kualitas dianalisis untuk
menentukan kualitas media pembelajaran webtoon kimia. Berdasarkan penilaian dari 5 guru kimia SMA/MA,
Webtoon Kimia mempunyai kualitas baik dengan persentase 81,73%.
Kata kunci: webtoon kimia, penelitian pengembangan, kimia makromolekul

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v7i5.13382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia