EFFEKTIVITAS PENERAPAN LKS BERBASIS STUDENT CENTERED ASAM BASA KUALITATIF TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Masrifatun Nafi'ah, I Made Sukarna

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi dan kemampuan berpikir kritis
antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan LKS berbasis student centered dan siswa yang tidak
menggunakan LKS berbasis student centered. Tujuan lain yaitu untuk mengetahui keefektifan LKS berbasis
student centered terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan
bentuk quasi experimental design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI terdiri dari 2 kelas sebagai kelas
eksperimen dan kontrol yang diambil secara purpossive sampling. Pengumpulan data motivasi dengan angket
motivasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t beda subjek sedangkan data kemampuan berpikir kritis
diperoleh dengan post-test yang dianalisis menggunakan uji anakova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan ada
perbedaan motivasi dan kemampuan berpikir kritis antara siswa kelas eksperimen dan kontrol. Media LKS berbasis
student centered efektif untuk meingkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa. Sumbangan efektif LKS
berbasis student centered terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 31,5%.
Kata kunci: LKS berbasis student centered, motivasi, kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v7i5.13380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia