PENGARUH PENERAPAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP KEMAMPUAN INVESTIGASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Sarah Sarah, Regina Tutik Padmaningrum

Abstract


Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui perbedaan pada kemampuan investigasi dan prestasi belajar kimia peserta didik setelah
mengikuti pembelajaran dengan menggunakan praktikum berbasis virtual laboratory. Desain
penelitian ini adalah true experimental design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik
kelas XI IPA semester 2 yang berjumlah 85 peserta didik. Sampel yang digunakan pada penelitian
berjumlah 56 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling.
Instrumen penelitian berupa angket dan lembar portofolio untuk mengukur kemampuan investigasi,
sedangkan soal prestasi belajar kimia digunakan untuk mengukur prestasi belajar kimia peserta
didik. Teknik analisis data dilakukan dengan uji MANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
tidak ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan investigasi dan prestasi belajar kimia antara
peserta didik kelas XI IPA di MAN II Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 yang mengikuti kegiatan
praktikum berbasis virtual lab dengan peserta didik yang mengikuti kegiatan praktikum berbasis
real lab.
Kata kunci: Virtual Laboratory, kemampuan investigasi, prestasi belajar kimia.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v7i5.13379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia