PENILAIAN TOKIJO SEBAGAI MEDIA BERBASIS INDIGENOUS CHEMISTRY KNOWLEDGE PADA MATERI UNSUR LOGAM GOLONGAN UTAMA

Zulfa Nur Isnaini, Sukisman Purtadi

Abstract


Abstrak
Artikel ini membahas hasil pengembangan TOKIJO sebagai media pembelajaran materi unsur
logam golongan utama. Artikel ditekankan pada analisis kualitas media TOKIJO berbasis indigenous
knowledge untuk membelajarkan literasi kimia aspek konteks bagi siswa SMA pada materi unsur logam
golongan utama. Penelitian ini menggunakan metode design based research. TOKIJO sebagai media
berbasis indigenous chemistry knowledge untuk membelajarkan literasi kimia aspek konteks
direpresentasikan dalam bentuk tokoh wayang dan diaplikasikan pada mug. TOKIJO yang telah
dikembangkan diuji coba pada kelompok terbatas yaitu 5 guru, 5 calon guru, dan 15 siswa SMA. Hasil uji
coba media pembelajaran TOKIJO termasuk dalam kategori kualitas sangat baik (SB) dengan skor total
13,25 dan keidealan 88%.
Kata kunci: indigenous knowledge, literasi kimia, TOKIJO, kimia unsur logam golongan utama

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v7i4.13374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia