MUATAN INFORMASI KIMIA DALAM TAYANGAN TELEVISI SEBAGAI SUMBER BELAJAR LITERASI INFORMASI KIMIA

Saraswati Anindyajati, Sukisman Purtadi

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi profil muatan konsep-konsep kimia yang terdapat
dalam tayangan televisi dan potensinya untuk membelajarkan literasi informasi kimia. Sejalan dengan
tujuannya, penelitian dilakukan sebagai penelitian kualitatif yaitu penelitian eksploratori. Teknik analisis
data dalam penelitian dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data dan selanjutnya dianalisis
deskripsi. Unit analisis penelitian adalah tayangan televisi series berjudul Breaking Bad season 1, CSI
Miami season 3, dan sepuluh iklan dalam televisi. Hasil pengkodean kemudian direview oleh ahli untuk
mendapat masukan dan hasil pengkodean juga disesuaikan dengan teori berdasarkan masing-masing
konsep yang kemudian disesuaikan dengan kompensi dasar dalam silabus. Berdasarkan analisis,
penelitian ini menyimpulkan profil muatan konsep kimia yang terdapat dalam tayangan televisi dapat
digunakan untuk membelajarkan literasi informasi kimia adalah sebanyak sepuluh konsep dan semua
tayangan televisi berpotensi untuk membelajarkan literasi informasi kimia yaitu digunakan sebagai
apersepsi, inti pembelajaran, evaluasi, dan pengayaan.
Kata kunci: literasi kimia, pembelajaran kimia dengan tayangan televisi, penelitian eksploratori, potensi
tayangan televisi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v7i3.13371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia