PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA LAJU REAKSI DALAM BENTUK WEBSITE BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI UNTUK SMA/MA

Suasti Ayu Triwijiastuti, Hari Sutrisno

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik website sebagai hasil pengembangan, dan
mengetahui kualitas website ensiklopedia laju reaksi tersebut berdasarkan penilaian guru kimia dan siswa.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model prosedural. Prosedur dalam penelitian
pengembangan ini mengadaptasi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and
Evaluation), tetapi peneliti membatasi hanya sampai tahap keempat, yaitu tahap implementasi. Website
Ensiklopedia Laju Reaksi Berbasis Multipel Representasi yang dikembangkan memiliki karakteristik (1)
dapat diakses secara online dengan alamat website www.lajureaksi.web.id; (2) materi laju reaksi yang
disajikan melibatkan representasi dalam kimia; (3) memiliki menu utama, yaitu home, video, tokoh kimia,
info kimia, soal evaluasi, referensi, dan profil. Berdasarkan penilaian guru, website ini memiliki kualitas
Sangat Baik (SB) dengan rerata skor 119,8 dan presentase keidealan 92,15%. Hasil penilaian siswa
memperoleh rerata skor 111,05. Skor termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan presentase
keidealan 85,42%. Penilaian kualitas website mencakup aspek kelayakan materi, kelayakan penyajian,
kelayakan bahasa, kelayakan gambar, tampilan dan kemudahan penggunaan website, serta muatan
representasi (makroskopik, mikroskopik, simbolik, dan matematik).
Kata kunci: ensiklopedia, laju reaksi, multipel representasi, website

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v7i3.13368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia