PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERALATAN PELINDUNG DIRI UNTUK SISWA KELAS X SMK TEKNIK KIMIA

Nugroho Wahyu Sumartono, Sunarto Sunarto

Abstract


Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif materi peralatan pelindung diri
untuk siswa kelas X SMK program keahlian teknik kimia dan mengetahui kualitas multimedia pembelajaran interaktif
tersebut. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ADDIE dengan meliputi langkah
analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan
kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi, dan lembar
kuesioner. Hasil pengembangan diperoleh multimedia pembelajaran interaktif dengan materi peralatan pelindung diri
yang terdiri dari 7 bagian yakni, halaman utama, kompetensi, materi utama dengan gambar dan video, evaluasi,
referensi, petunjuk penggunaan, dan informasi pengembang. Multimedia pembelajaran interaktif ini memiliki kualitas
dengan kategori Sangat Baik berdasarkan penilaian 5 reviewer guru dengan nilai rerata seluruh aspek sebesar 129,8
dan respons 5 siswa SMK SMTI Yogyakarta dengan nilai rerata seluruh aspek sebesar 66,4.
Kata kunci: alat pelindung diri, interaktif, komputer, media pembelajaran, penelitian dan pengembangan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v7i2.13365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia