PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN DATAR BERORIENTASI PADA PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP

Luthfannisa Afif Nabila, Nila Mareta Murdiani

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan kualitas
perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan
Siswa (LKS) pada materi bangun datar menggunakan pendekatan kontekstual yang berorientasi pada
pemahaman konsep siswa. Kualitas produk pengembangan dinilai berdasarkan: 1) aspek kevalidan, 2)
aspek kepraktisan, dan 3) aspek keefektifan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran
mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Kota Mungkid. Hasil
penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid ditunjukkan oleh skor ratarata
RPP yaitu 4,26 dan skor rata-rata LKS yaitu 4,27. Perangkat pembelajaran praktis ditunjukkan
oleh skor rata-rata respon siswa yaitu 3,51, skor rata-rata respon guru yaitu 3,78 dan persentase hasil
observasi pembelajaran yaitu 94,64. Perangkat pembelajaran efektif ditunjukkan oleh skor rata-rata
pemahaman konsep yaitu 85,50 dan persentase ketuntasan siswa yaitu 78,125.
Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual, Pemahaman Konsep.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i7.7887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia