KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA

Febri Harina Alwi, Jailani .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan saintifik dengan model
pembelajaran kooperatif tipe two stay-two stray (TS-TS) ditinjau dari kemampuan komunikasi
matematika dan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment
dengan pretest-posttest group design. Sampel penelitian adalah 61 siswa kelas X SMA N 11
Yogyakarta yang terbagi menjadi 32 siswa kelas eksperimen dan 29 siswa kelas kontrol.
Analisis data menggunakan,uji-t dan Hotteling’s Trace. Berdasarkan pengujian hipotesis,
diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe
TS-TS dan pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan
minat belajar siswa, pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS
tidak lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan
komunikasi matematis dan minat belajar siswa.
Kata kunci: komunikasi matematis, minat belajar, pendekatan saintifik, kooperatif tipe TS-TS

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i7.7876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia