PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) PADA MATERI PERBANDINGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BAGI SISWA SMP KELAS VIII SESUAI KURIKULUM 2013

Sumbaji Putranto Sumbaji Putranto, Atmini Dhoruri Atmini Dhoruri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi perbandingan
menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) bagi siswa SMP kelas VIII sesuai
Kurikulum 2013. Selain itu juga untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefekti fan dari LKS yang
dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi
5 tahap, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation
(Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian pengembagan ini menunjukkan bahwa: (1)
LKS yang dikembangkan dinyatakan valid, mendapatkan rata -rata skor 4,58 dengan klasifikasi sanga t
baik oleh ahli materi dan rata-rata skor 4,14 dengan klasifikasi baik oleh ahli media. (2) LKS dinyatakan
praktis, mendapatkan rata-rata skor 4,54 dengan klasifikasi sangat baik melalui angket respon guru dan
rata-rata skor 4,01 dengan klasifikasi baik m elalui angket respon siswa (3) LKS dinyatakan efektif dengan
persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 84,375% sehingga diklasifikasikan sangat baik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i2.689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia