EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING DAN EKSPOSITORI DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Abstract
Penelitian quasi experiment ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan perbandingannya dari pendekatan penemuan terbimbing dan pendekatan ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Desain penelitian berupa Pretest-Posttest Nonequivalent Group Desain. Populasi seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Ponjong dengan sampel kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan ekspositori dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan instrumen tes. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) pembelajaran matematika dengan pendekatan penemuan terbimbing efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP N 1 Ponjong, (2) pembelajaran matematika dengan pendekatan ekspositori efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP N 1 Ponjong, (3) pembelajaran pendekatan penemuan terbimbing dan pendekatan ekspositori sama efektifnya ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP N 1 Ponjong.
Kata kunci: Pemecahan masalah, Ekspositori, Penemuan terbimbing
Kata kunci: Pemecahan masalah, Ekspositori, Penemuan terbimbing
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i6.4528
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia