EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA MAN YOGYAKARTA

Ilma Rizki Nur Afifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode pembelajaran penemuan terbimbing ditinjau dari prestasi belajar dan kekatifan siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain Pretest- Posttest Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X MAN Yogyakarta 2 tahun ajaran 2015/2016. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan pembelajaran metode penemuan terbimbing dengan pendekatan saintifik dan kelas X MIPA 2 yang mendapatkan perlakuan pembelajaran metode ekspositori dengan pendekatan saintifik sebagai kelas control. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah  instrumen  tes  untuk mengukur  kemampuan  prestasi belajar siswa  yang  terdiri dari soal  pretest  dan posttest  dan  instrumen  nontes  yang  berupa lembar observasi untuk mendeskripsikan  keaktifan siswa dan  mengamati keterlaksanaan pembelajaran yang digunakan peneliti.  Hasil penelitian ditinjau dari prestasi belajar siswa MAN Yogyakarta 2 menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika melalui metode penemuan terbimbing efektif, 2) pembelajaran matematika melalui metode ekspositori efektif, 3) pembelajaran metematika melalui metode penemuan terbimbing lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran metematika melalui metode ekspositori. Adapun jika ditinjau dari keaktifan siswa MAN Yogyakarta 2 menunjukkan bahwa: 4) pembelajaran matematika melalui metode penemuan terbimbing efektif, 5) pembelajaran matematika melalui metode ekspositori tidak efektif, 6) pembelajaran metematika melalui metode penemuan terbimbing lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran metematika melalui metode ekspositori.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i5.4510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia